Antara Syiah, Barat dan Jihad Global: Dilema Masa Depan Arab


Tensi pergolakan makin panas di Timur Tengah, meski sebagian lain sudah berada pada fase pasca krisis tinggal menata hari depan. Tapi sejumlah berita yang berkembang di Timur Tengah akhir-akhir ini menegaskan bahwa Timur Tengah sedang memasuki era baru yang menjadi ajang perebutan tiga komponen kekuatan penting dunia.

Tiga kekuatan itu bukan semata mewakili kekuatan militer, tapi juga kekuatan ideologi dan massa. Masing-masing Syiah, Al-Qaeda dan Barat (yang di dalamnya termasuk Israel dan kroni-kroni penguasa yang belum tumbang). Ketiganya merupakan kekuatan yang paling potensial untuk mengendalikan Timur Tengah pasca krisis kelak. Oleh karenanya, menarik untuk menganalisa akan seperti apa Timur Tengah 10 atau 20 tahun kemudian.

Kita asumsikan pekerjaan menumbangkan rejim-rejim Arab akan selesai sebagian besarnya pada akhir 2011, atau maksimal tahun 2012. Apa yang akan terjadi sesudah itu?
Barat dan Israel

Barat dan Israel selalu dalam posisi mendukung siapapun rejim yang berkuasa di Timur Tengah sepanjang dua syarat terpenuhi; tidak mendukung terorisme dan kooperatif dalam menjual minyak kepada Barat. Mereka sejatinya tak meributkan soal sikap represif para rejim kepada rakyatnya. Kalaupun menyuarakan kecaman, tak lebih pemanis bibir sebagai basa-basi politik tingkat tinggi.

Barat sudah lama tahu sikap otoriter Husni Mubarak, Qadafi dan tiran lain kepad rakyatnya, tapi selama ini diam saja tak melakukan tindakan yang berarti. Barat pernah bermusuhan dengan rejim Muamar Qadafi semata karena ia memerintahkan pengeboman pesawat milik Barat di Lockerbie. Sama sekali tak ada hubungannya dengan kebrutalan rejimnya kepada rakyat.

Setelah Qadafi ‘minta maaf’ kepada Barat, Barat bisa berangkulan dengan Qadafi, seolah tak ada masalah sebelumnya. Wajar, karena Qadafi kooperatif dalam menjual sumber daya alamnya, dan lebih penting, sangat anti Al-Qaeda dan terorisme (baca: jihad).

Tapi ketika Qadafi mulai ditinggalkan rakyatnya dan tersudut, Barat tak segan mencampakkannya. Pola ini menjadi standar sikap Barat terhadap rejim manapun di Timur Tengah, bahkan dunia.

Intinya, Barat melihat potensi Timur Tengah dan Afrika Utara hanya dalam dua pertimbangan strategis; sejauh mana sumber daya alamnya bisa dimanfaatkan, dan sejauh mana jarak para penguasa dari gerakan terorisme, sebagai upaya melindungi Israel. Masalahnya, Barat yang dipimpin Amerika sedang dirundung masalah bertubi-tubi. Krisis ekonomi yang makin akut, dan kemerosotan moral tentaranya di semua front pertempuran (untuk tidak mengatakan kekalahan) membuat mereka memilih hati-hati dalam menyikapinya.

Artinya, pergolakan Timur Tengah ini sudah agak terlambat bagi Amerika dan Barat secara umum, karena mereka terlanjur terperosok di kubangan Afghanistan dan Iraq yang membuat mereka tak lagi bisa lincah bergerak. Dahulu ketika Amerika masih kuat, pergolakan semacam ini akan menjadi peluang emas, karena tak ada saingan. Tapi kini, pesaingnya sudah banyak.
Namun ini sama sekali tidak berarti Barat sudah lumpuh. Mereka masih kuat dan berbahaya, tapi tidak lagi menjadi pemain tunggal dalam memanfaatkan momentum pergolakan semacam ini, apalagi di kawasan sepenting Timur Tengah yang merupakan panggung utama pergolakan dunia.

Syiah, Ancaman Paling Nyata

Saat Husni Mubarak berkuasa, di balik kebengisannya kepada rakyat, ada manfaat geopolitik yang tak disadari, yakni kebenciannya kepada Iran. Sejak Iran sukses menumbangkan tiran Reza Pahlevi tahun 1979, dan haluan negara berobah menjadi Syiah tulen, Mesir tak pernah mengijinkan kapal Iran melintas di terusan Suez. Tapi setelah Mesir menumbangkan Husni Mubarak, untuk pertama kali terusan Suez dilintasi kapal perang Iran (http://www.eramuslim.com/berita/dunia/setelah-tak-ada-mubarak-akhirnya-kapal-iran-melintas-suez.htm)

Pergolakan di Bahrain juga meresahkan, di mana para demonstrannya adalah Syiah melawan rejim penguasa yang Sunni. Arab Saudi dalam posisi delematis, jika membiarkan rejim Bahrain ditumbangkan oleh demonstran Syiah, maknanya rejim Sunni yang notabene sahabat Saudi akan hilang. Jelas Saudi dalam bahaya, karena ancaman Syiah makin mendekat ke garis perbatasannya. Meski akan mengundang pandangan miring dari dunia internasional, Arab Saudi merasa perlu mengirimkan bala tentara secara langsung ke Bahrain, sebagai upaya membendung gerak maju Syiah. (http://www.eramuslim.com/berita/dunia/mengapa-saudi-melakukan-intervensi-ke-bahrain.htm) dan ( http://www.voa-islam.com/news/islamic-world/2011/03/15/13760/aksi-protes-makin-mengkhawatirkan-bahrain-datangkan-pasukan-asing/ )

Tak jauh beda Oman, Kuwait dan Yaman, yang semuanya menyimpan potensi penganut Syiah yang cukup besar. Jika pergolakan rakyat ini bisa dimainkan dengan baik oleh Iran, bukan mustahil Arab Saudi makin terdesak oleh gerak maju pengaruh Iran yang Syiah di kawasan. Sebelum pecah pergolakan saja, pemberontak Houtsi di Yaman sudah sangat merepotkan Saudi.

Belum lagi ditambah pergolakan dalam negeri Saudi, yang juga disulut oleh penganut Syiah yang asli berkewarga-negaraan Saudi. Mereka terkonsentrasi di kota-kota bagian timur Saudi, seperti Hufuf, Qatif dan Awamiya. Rejim Saudi yang berpaham Sunni sedang diguncang gerakan rakyat yang ditunggangi Syiah (http://hizbut-tahrir.or.id/2011/03/14/rakyat-saudi-tuntut-perubahan-%E2%80%9C20-maret%E2%80%9D-demo-besar/ ).

Perkembangan ini jika terus bergulir makin membesar, membuat Timur Tengah dalam ancaman bahaya yang nyata dari Syiah dan Iran. Memang, sejarah akan selalu berputar pada poros yang sama. Jika zaman dahulu terjadi persaingan laten antara bangsa Arab dengan bangsa Persia, kini sejarah itu berulang. Kini Arab diwakili Saudi dan Persia diwakili Iran. Dan Iran sejak dahulu selalu menjadi biang masalah, karena ditaqdirkan menjadi tanah yang subur untuk berkembangnya berbagai penyimpangan dan kedengkian. Tak heran dalam sejarah Persia, mereka yang paling sering berkawan dan saling tolong-menolong dengan bangsa Yahudi.

Iran saat ini sedang dalam masa keemasan dengan Syiahnya. Sejak berhenti berperang melawan Iraq tahun 80-an, praktis konsentrasinya hanya menyebarkan pengaruh melalui ajaran Syiah ke seluruh kawasan bahkan dunia. Bahkan Indonesia dijadikan obyek garapan serius. Tak kurang dari 300 siswa Indonesia tiap tahun digembleng dengan ajaran Syiah di Qum Iran dan kota lainnya untuk menjadi kader pejuang Syiah di bumi Indonesia. Mereka dikenal licik, karena tidak membawa Nabi baru, tapi hanya menggugat Sahabat Nabi. Namun inti dari ajarannya adalah menanamkan kebencian membara kepada Ahlus Sunnah wal Jamaah yang mayoritas di negeri ini.

Boleh dibilang, Iran lebih berpeluang memanfaatkan pergolakan Timur Tengah dibanding Barat, karena sejumlah faktor:
1. Iran negara kaya dengan uang minyak yang melimpah, hanya kalah dari Saudi.
2. Iran tak terlibat dalam peperangan dengan bangsa manapun, sehingga dana mereka utuh.
3. Iran punya kaki tangan di semua negara Timur Tengah dengan ajaran Syiahnya. Mereka bisa dimanfaatkan untuk membelokkan agenda reformasi, atau minimal mengurangi resistensi masyarakat Sunni terhadap ajaran Syiah.
4. Iran sangat dekat dengan tempat-tempat pergolakan di Timur Tengah, dan memiliki postur yang relatif sama, juga bisa berbahasa Arab. Mudah bagi mereka menyusup, apalagi ditunjang dengan aqidah Taqiyah, yang membolehkan berpura-pura Sunni untuk menggunting dalam lipatan.
5. Iran juga mandiri secara teknologi, yang bisa menjadi alternatif jika masyarakat Timur Tengah menolak Barat. Militernya juga kuat, bahkan mungkin terkuat di kawasan.
6. Iran juga konsisten bersandiwara dengan menampakkan permusuhan kepada Amerika dan Israel, yang membuat rakyat Timur Tengah sulit untuk mengabaikan Iran, misalnya dalam kasus pembelaan terhadap gaza.
7. Iran juga tak dipusingkan dengan Al-Qaeda, berbeda dengan Saudi atau Barat. Wajar, sebab Al-Qaeda hanya bisa beroperasi jika ada basis Sunni-nya, sementara Iran sedikit sekali penganut Sunninya. Artinya, kekuatan ekonomi dan militer Iran dalam keadaan stabil, tak ada gangguan lain yang berarti.

Dengan semua pertimbangan tersebut, maka dapat disimpulkan Iran dengan Syiahnya akan makin mengepakkan sayap ke sejumlah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara untuk menancapkan hegemoninya. Era pergolakan dan buahnya kemudian berupa keterbukaan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Iran, saat negara Sunni lain di kawasan sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri.

Misalnya Mesir, saat para aktifis Ikhwan sibuk bertarung melawan kaum sekuler dalam menentukan warna negaranya, Syiah dengan leluasa berdakwah di tengah masyarakat. Tak ada lagi undang-undang atau kekuasaan yang bisa melarangnya, karena eranya sudah terbuka. Dalam 10 atau 20 tahun ke depan, Iran tinggal menuai hasilnya. Demikian pula di negara-negara lain.

Iran vs Al-Qaeda dan Jihadis Global

Rangkaian ujian yang Allah berikan kepada umat Islam untuk menaikkan derajatnya ternyata datang bergiliran dengan sangat cepat. Ketika Al-Qaeda dan aktifis jihad global sedang diuji ketahanannya melawan super power dunia – Amerika – di beberapa tempat sekaligus, Syiah dengan dukungan Iran sudah siap menggeliat. Syiah dan Iran sudah siap menunggu untuk menjadi musuh berikutnya, pasca tumbangnya Amerika dan koalisi. Sekitar 10 atau 20 tahun ke depan, Iran dengan Syiahnya akan jauh lebih kuat dari sekarang. Kakinya berpijak di sejumlah kawasan dengan lebih kuat, wal ‘iyadzu billah.

Umat Islam yang dipimpin Al-Qaeda, Taliban dan aktifis jihad global sedang “dilatih” oleh Allah untuk mempraktekkan ibadah jihad fi sabilillah, dengan cara diberi lawan tanding yang top power. Hal ini disebabkan pelaksanaan ibadah jihad berbeda dengan ibadah lain seperti shalat dan zakat. Jihad harus ada masuh untuk bisa dilaksanakan, sementara shalat cukup dengan menghadap kiblat dan menggelar sajadah.

Entah kepada, titik awal perkembangan jihad dan dan geliat Syiah ternyata bersamaan. Pada tahun 1979, para mullah Syiah berhasil memberangus rejim Reza Pahlevi dan mendirikan negara Syiah yang berdaulat. Pada tahun yang sama, Uni Sovyet menyerbu Afghanistan, yang mulai dilawan oleh mujahidin dengan modal awal tak lebih dari 6 pucuk senapan. Pada tahun 1991, alhamdulillah, Uni Sovyet bisa dikalahkan dengan ijin Allah, bahkan imperium itu pecah berkeping-keping, tinggal tersisa Rusia. Seolah kita diberi kesempatan adu cepat berlari dengan titik start yang sama; tahun 1979.

Setelah 30 tahun kemudian, Iran menjadi kekuatan yang diperhitungkan. Ia punya pengaruh luas di dunia Islam. Iraq sudah berada dalam kontrol Iran setelah ditinggal Amerika, meski tidak penuh. Jika Bahrain berhasil, akan bertambah lagi negara Syiah. Dan banyak lagi.

Sebaliknya, setelah 30 tahun pula, jihad global berhasil menancapkan pengaruh kuat di Afghanistan, sebagian Pakistan, Iraq (meski sebagian), Somalia, Chechnya, Kashmir, dan beberapa wilayah pergolakan bersenjata lain. Cepat atau lambat, pertarungan besar antara mujahidin global melawan Iran akan pecah. Sebab, pasca Amerika melemah, Timur Tengah harus dibersihkan dari Iran.

Perkembangan Iran sebetulnya bisa menjadi inspirasi bagi penguasa Saudi dan rejim lain. Ketika mereka khawatir oleh gerak maju Syiah, mitra terbaik untuk membendungnya adalah Al-Qaeda dan aktifis jihad global. Tapi sayang, rejim Saudi tak bisa lepas dari Amerika. Kelak mereka akan menyesal, karena mengambil mitra yang salah.

Intinya, sebetulnya Timur Tengah menghajatkan Al-Qaeda dan aktifis jihad global, tapi kadung gengsi karena merasa izzah itu masih di tangan Amerika. Padahal izzah sejatinya ada pada Allah dan Rasul-Nya dengan ibadah bernama jihad fi sabilillah. Mencari izzah kepada Amerika hanya akan mendapat kehinaan.

Peluang Jihad Global di Timur Tengah dan Afrika Utara

Gerakan jihad global dihadapkan pada peluang yang sulit. Libya sebetulnya sangat potensial untuk diisi dengan gerakan jihad fi sabilillah, tapi banyak aktifis jihad yang masih terkonsentrasi di Afghan, Somalia, Pakistan, Iraq, Cechnya dan lain-lain.

Oleh karenanya, yang bisa dilakukan minimal menyeru rakyat yang bergolak untuk membawa misi jihad fi sabilillah. Libya coraknya berbeda dengan Mesir. Mesir bergaya protes sipil murni, sementara Libya bercorak perlawanan bersenjata.

Itulah sebabnya, Barat sangat khawatir jika situasi dan kondisi ini dimanfaatkan Al-Qaeda untuk menyemai bibit perlawanan. Barat merasa perlu memastikan Libya tidak berubah menjadi medan jihad baru.
Rakyat Libya, sebaliknya, juga dalam dilema. Mereka dalam pilihan sulit. Jika meminta bantuan Barat untuk menumbangkan Qadafi, ini akan berbuntut hegemoni Barat terhadap Libya kelak. Tapi jika tidak minta bantuan, terbukti pasukan loyalis Qadafi masih kuat, dengan senjata yang lebih canggih.

Sementara jika menggandeng Al-Qaeda, akan diberangus Barat, dan Qadafi akan mendapat simpati dunia. Qadafi bisa dengan mudah memainkan kartu ini bahkan untuk mencari dukungan rakyat yang anti jihad. Di sisi lain, saat rakyat (umat islam) Libya melakukan perlawanan bersenjata kepada rejim Qadafi, mereka membutuhkan spirit yang bisa menggerakkan umat Islam. Dan tak ada spirit keberanian dan perlawanan kecuali jihad fi sabilillah, yang menjadi ciri khas Al-Qaeda. Apalagi Libya punya tokoh mujahid legendaris, Umar Mukhtar, maka sejatinya peluang jihadis global masih terbuka lebar.

Akankah Libya menjadi medan jihad baru? Wallahu a’lam !

25 Tanggapan

  1. waspadai gerakan syiah, sedini mungkin terutama di indonesia…
    dengan selimut taqiyyahnya mereka sudah memiliki kekuatan militer untuk menggerus sunni..

    coba perhatikan aktivitas mereka di berbagai situs dan jejaring sosial…

    waspadalah! kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.. ;p

  2. izin share ya ustd

  3. Assalaamu ‘alaikum… Kaifa haal ya ustadzii??? Ana share artikel ini… Jazaakumulloohu khoirol jazaa’…

  4. Terima kasih atas artikelnya.

  5. syiah adalah agama tersendiri yg terpisah dan berbeda dengan ISLAM karenanya saat nanti terjadi perang terbuka antara jihadis global dan syi’ah jangan ada yg berkomentar menyayangkan, atau melebeli nya dengan perang saudara.

  6. syi’ah adalah agama tersendiri dan bukan bagian dari islam, so jika nanti terjadi pertempuran antara jihadis global dan syi’ah jangan di sesalkan dan jangan di bilang perang saudara

  7. setiap muslim bersyahadat : tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah utusan terakhir, melaksakan shalat,puasa dan berhaji. bgt jg dg yg kalian sebut syiah melaksanakannya!tdklah cukup itu utk mnjd dasar pemersatu???ingat kaum khojrod&aos dimadinah berperang ratusan thn, setibanya Rosulullah berhijrah mrk bs brsatu dinaungan Islam. jadi intinya kalian tuh beragama hanya utk kepentingan dunia semata??? gmn cara dpt peran penting ditimur tengahlah,memberangus yg tdk sepaham dg kalianlah…terbuka sedikit!!!jngn kalian merasa paling brtauhid sementara yg lain sirik,kafir dll. cb bc langsung dr kitab yg kalian anggap sesat jng bc dr orang yg tlh membencinya!!!blm disebut hakim yg baik jika br trima barita dr satu pihak sdh memutuskan perkara!!! kalian tdk adak hak mengkafirkan seseorang/golongan yg lain, siapa kalian???ada nash apa kalian bs mengobok-obok Al-Quran dg laga suci tangan kalian yg padahal sepanjang sejarah tangan=tangan kalianlah yg berumuran darah para mu’min!!! Al-Quran tdk bs disentuh oleh orang yg tdk disucikan oleh Alloh, ini wilayah Alloh bkn pikiran kalian yg picik : mengkultuskan mahluklah…seperti umat nabi Isa a.s lah dll, jika bkn tujuannya dunia semta sdh teranglah jalan Alloh ni!!!Al-Ahjab 33 jika menurut kalian yg disucikan oleh Alloh para istri-istri nabi, siapa pula jg kalian ada nasab drmn bs mentafsirka Al-Quran sesuai ARD&ART golongan kalian sj???bkn krn Alloh semata dan membawa kebaikan buat umat smua bknya terror…..jd jika tujuan kalian tercapai tdk lebih dg pemerintahan yg diktator, yg tdk sejalan culik, bunuh…!!!
    segala sesuatu bukan dipegang sama akhlinya tunggulah kehancuranya!!!

  8. buat IbrasyaH…
    kamu syiahnya sudah mendarah daging,tapi penguasaan tentang syiahmu masih cetek. kalo kamu mau tahu lebih dalam tentang syiah, baca buku2 yg ditulis oleh para dedengkot syiah. kalian sok baik, padahal agama kalian dibangun diatas dengki, kebencian dan dendam kesumat.
    syiah membenci dan melaknat para sahabat, bagaimana mungkin kamu mengklaim toleran?
    nurani kamu sudah dirusak sama syiah, sehingga tdk bs lg mengenali kesesatan syiah.
    syiah itu serupa dg nasrani dan yahudi. mereka membenci habis nabi muhammad, tp sebaliknya mengkultuskan Isa bin Maryam dan Uzair, bahkan menganggap keduanya sbg tuhan.
    syiah membenci dan melaknat mayoritas sahabat Nabi saw, tp di sisi lain mengkultuskan Ali bin Abi Thalib dan keturunannya. ini ciri keyakinan bejat ala syiah.
    sedangkan ahlussunnah, konsisten nuraninya seperti halnya ajaran islam. Islam menghormati Isa bin Maryam dan tak Uzair, hanya menolak keyakinan para pengikutnya kepada keduanya yg mengkultuskannya. di saat yg sama, menerima Muhammad sbg nabi yg lain, sederajat dg Isa bin Maryam yg jg nabi.
    ahlussunnah juga begitu, menghormati Ali dan seluruh sahabat, bahwa ada kekeliruan dan konflik sesama mereka itu manusiawi.
    jd ahlussunnah punya tabiat toleransi sebagaimana agama islam, sedangkan syiah punya naluri dendam kesumat sekaligus kultus, sbagaimana Nasrani dan Yahudi yg hati mereka dipenuhi dendam kepada umat Islam meski selalu menjajakan kosa kata KASIH.
    kasih yg terbantahkan oleh naluri dendam dan kultus. maka jika kita mendengar orang syiah menjajakan persaudaraan sesama muslim, itu omong kosong. sebelum bersaudara dg kami yg banyak dosa, kita mau ngetes, bisakah orang syiah bersaudara dan menyayangi Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Aisyah, Abu Hurairah dan semua sahabat lain. jika hujatan kepada para sahabat masih bertebaran di buku2 kalian, maka ajakan ukhuwah kalian hanya OMONG KOSONG alias GOMBAL. BACOT DOANG !!!!!

  9. اللّھمّ صلّے علّی محمّد وآل محمّد وعجّل فرجّھم
    Nubuat Imam Mahdi f.s beliau akan berperang dg bangsa rum dan ash shopiani(orang Islam yg bersekutu gd bangsa rum)-ini hadist yg mutawatir dikita-kitab Sunni-Syiah pun beratus-ratus meriwayatkannya. sesungguhnya kalian bukan dr golongan Ahlu Sunah tetapi ash shopiani itulah…yg menutup mata, telinga, akal dan hati kalian sendiri. maka tunggulah kehancurannya dg ulah tangan kalian sendiri!!!wassalam…

    • sy seorang mukholid dan bertaklid pd mujtahid( Sayyid Ali Khamanei)-Beliau tlh melaksanakan disiplin Ilmu, menjaga keturanannya dr nenek bunyut dan anak, cucunya menjaga diri dari perbuatan/dosa kecil&besar, Beliau memfatwakan haram hukumnya mencaci apa yg di kultuskan oleh saudara kita yg ber mazhab Ahli Sunah. tdkkah jls bg kalian???hnya orang-orang salafi/wahabilah yg msh menuduh orang-orang Syiah sprti itu, menebar fitnah terutama skr lbh dasyat lg media elektrik/cetak mrk meng awas-awas virus Syiah, sampai-sampai mini market dijdknnya penyebaran tabloid fitnah, mrk pny blueprint utk memberangus yg mrk anggap akan menghambat eksistensinya!!!bila perlu harta,kehormatan, jiwa/nyawanya halal bagi kalian. slh satunya blog ini!!! tdk perlu menjelek-jelekan orang lain periharalah sifat-sifat baik kalian, sesungguhnya manusia tempat sifat-sifat yang mulia dan akan menuju pd yg Maha Mulia Alloh Subhana wa ta’alaa. mf sy lancang masuk blog ini tampa ijin!!!

      • [quote]
        Beliau tlh melaksanakan disiplin Ilmu, menjaga keturanannya dr nenek bunyut dan anak, cucunya menjaga diri dari perbuatan/dosa kecil&besar,

        ..

        apakah yang antum maui dari perkataan di atas adalah makshum~nya Sayyid Ali Khamanei..?

        sekedar info saja,
        tidak ada manusia di muka bumi ini yang makshum, terjaga dari kesalahan, kecuali Nabiyullah Shallallahu ‘alaihi wa ‘alaa ‘alihi Wasallam ..🙂

        so ..
        hanya Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam saja yang boleh di taklidi, adapun taklid kepada manusia yang lain, maka itu perbuatan sia-sia,

        karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa (الانسان محل الخطاء)

        Wallohu ta’alaa a’lamm

    • Assalamu’alaykum

      [quote]
      Nubuat Imam Mahdi f.s beliau akan berperang dg bangsa rum dan ash shopiani(orang Islam yg bersekutu gd bangsa rum)-ini hadist yg mutawatir dikita-kitab Sunni-Syiah pun
      beratus-ratus meriwayatkannya

      ..

      mutawatir yaa hadits Imam Mahdiy yang akan memerangi bangsa Rum ?
      saya malah baru tahu,
      bisa minta tolong coba nukilkan haditsnya ?

      karena mutawatir paling tidak nukilkan 10 hadits ya, kan katanya beratus-ratus tuh ..
      copas juga enggak apa-apa,

      Syukron wa Barakallahu

      • oya .. satu lagi🙂

        Imam Mahdi menurut antum,
        siapa nama lengkapnya ? anak dari siapa ?
        sekarang beliau (Imam Mahdi) udah ada atau belum ?

        kalo udah ada, lahirnya tahun berapa ?
        sekarang dimana orangnya ?

        tolong di jawab ya, karena saya awam🙂

        Syukron wa Barakallahu

  10. subhanallah, gak usah susah2 ngoprek buku2 syiah, orang ini (IbrasyaH) sudah menunjukkan bukti. Cermati tulisannya di atas, sy copas-kan: “sy seorang mukholid dan bertaklid pd mujtahid( Sayyid Ali Khamanei)-Beliau tlh melaksanakan disiplin Ilmu, menjaga keturanannya dr nenek bunyut dan anak, cucunya menjaga diri dari perbuatan/dosa kecil&besar”. Manusia biasa – ali khamenei – disucikan dari dosa, termasuk anak cucunya. Syiah memang BEJAAAAAATTTT BANGETTT, emangnya tahu dr mana si ali khamenei suci dr dosa baik kecil maupun besar? trus dr mana pula anak cucunya ikut bersih dr dosa?
    Trus kalimat di IbrasyaH: “Beliau (ali khamenei) memfatwakan haram hukumnya mencaci apa yg di kultuskan oleh saudara kita yg ber mazhab Ahli Sunah”. GOMBAAAAALLLL ABISSS. Baca dulu buku2 dan ceramah2 tokoh syiah Iran. krn tdk mungkin seseorang menganut syiah kecuali punya dasar kebencian kpd Abu Bakar, Umar, Usman, Aisyah, Abu Hurairah dll. Kalau menerima mereka smua, pasti sdh jadi ahlussunnah.
    syiah membanggakan diri akan memerangi ahlussunnah dan akan menang. kalau bualan ini, mari kita lihat saja nanti, Allah yg punya keputusan. Alhamdulillah, wilayah2 yg dikuasai mujahidin ahlussunnah makin banyak. Lihat Abyan Yaman, Somalia, Mali, Afghan, Cechnya, kashmir, Moro, Patani, sbagian Libya dll. Setahu sy, syiah hanya ngandalin Iran. sedngkan Iran hanya ngandalin nuklir dan kecanggihan senjata, sudah lama tak punya pengalaman tempur. sementara mujahidin ahlussunnah berpengalaman panjang melawan Uni Sovyet, AS, NATO dan koalisi kekuatan kafir dunia.
    Ya Allah, menangkan mujahidin di jalan-Mu (ahlusssunnah), dan binasakan imperium syiah Iran sebagaimana Engkau membinasakan imperium Persia pada jaman Nabi/Sahabat.
    Iran/Persia memang dari dulu sumber kebejatan. satu2nya yg merobek surat dakwah Nabi adalah penguasa Persia alias Iran sekarang.

  11. setiap muslim bersyahadat : tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah Nabi terakhir, melaksakan shalat,puasa dan berhaji. masalah furuiyyah jngn jd pemecah pemersatu satu kesatuan Islam. jika anda menolak itu berarti anda tdk berhak mengaku sbg muslim apalagi sbg Akhli Sunnah, yg sy tau Akhli Sunnah tdk memiliki karakter sprti anda, hny yg berfaham takfiri sj yg mempunyai karakter sprti itu, bermula suka ,membid’ah-bid’ahkan fikih yg tdk sejalan dg golongan anda, ucapan sesat,sirik,musrik, itu doktrin yg biasa golongan anda kampanyekan, kesananya udah tentu orang musrik(TERMASUK MUSLIM YG TDK SAMA ARD&ART DG GOLONGAN ANDA)hrs diperangi sehingga harta,kehormatan,jiwa/nyawa halal!!! bkn bgt???. adapun yg mencatat ada sebagian sahabat yg berlaku kurang baik, yg paling banyak mencatat dr kitab-kitab Akhli Sunnah sendiri, kl anda tdk menemukannya, udah barang tentu anda belum pernah baca kitab sejarah terjemahan sekalipun menurut bahasa yg anda ketahui???oh…mf brng kali mungkin anda bkn termasuk Akhli Sunnah itu sendiri???mf kadang sy berucap kasar, itu bkn berarti penegasan siapa yg salah dan yang benar, ini berangkat dari rasa kasih sayang sesama muslim, nanti ucapan kasih sayang bermasalah jg buat anda, mdh2n tdk!
    janganlah potensi nafs kita berlebihan atau kekurangan, yg seharusnya dijaga keseimbangannya yg akan melahirkan sifat PEMBERANI, udah tentu BERANI sama RADIKAL jelas beda krn RADIKAL itu sendir adalah sifat berlebih dari potensi nafs manusia, dan janganlah berkurang dari potensi nafs itu sendiri karena akan melahirkan sifat PENGECUT. ini mungkin sedikit bagian kalimat dr faham : ” KENALI DIRI MAKA AKAN MUDAH MENGENAL TUHAMMU “. yg bisa sy bagi antara sesama muslim!!!!!!!!!!!!!!

  12. [quote]
    adapun yg mencatat ada sebagian sahabat yg berlaku kurang baik, yg paling banyak mencatat dr kitab-kitab Akhli Sunnah sendiri, kl anda tdk menemukannya, udah barang tentu anda belum pernah baca kitab sejarah terjemahan sekalipun menurut bahasa yg anda ketahui???

    ..

    hmm ..
    kalo-pun memang ada shahabat yang berlaku kurang baik,
    apa antum sudah mempelajari (juga) bagaimana sikap ahl as-Sunnah terhadap mereka ?

    apakah mereka (ahlu Sunnah) sampai hati mencaci mereka ?
    apakah mereka sampai hati melaknat mereka ? apalagi di lakukan di dalam shalat ketika berdoa ?

    seperti ini contohnya ;

    صلاة ياسر الحبيب و لعن ابو بكر و عمر و عثمان و عائشة و حفصة رضى الله عنهم

    # antum perhatikan dan dengarkan baik-baik qunut yang di baca imam shalat, yaseer al-Habib (ياسر الحبيب)

    kalo antum mengatakan itu hanya salah satu oknum,
    maka, saya katakan,
    Link youtube yang di lakukan oleh oknum-oknum yang lain terlalu banyak jumlahnya, bahakan mencapai derajat mutawatir🙂

    Syukron wa hadakallahu

  13. yang di laknat enggak tanggung-tanggung,
    Semua ‘Amirul Mukminin ~radhiyallahu’anhum~, diluar Ali tentunya ..😉

    لعن ابو بكر و عمر و عثمان و عائشة و حفصة

    ya !! .. Terkutuklah abu Bakr, wa ‘Umar, wa Utsman, wa ‘Aisyah, wa Hafshah
    ~semoga allah meridhoi mereka semua~

    padahal debu yang masuk ke dalam hidung mereka ketika berjihad bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jauh lebih baik dari orang-orang yang hidup belakangan.

    Wallohul Musta’an

    • siapa yg menjadi aulia masing-masing itu adalah hak semua manusia itu tergantung ma’rifahnya seseorang kpd siapa orang tersebut mewila aulianya!!! kembali sy tegaskan : setiap muslim bersyahadat : tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah Nabi terakhir, melaksakan shalat,puasa dan berhaji.
      setiap muslim adalah saudara dalam Islam, setiap non Muslin adalah saudara dalam kemanusiaan!!!kl non muslim yg memerangi tentu musuh setiap Muslim. mk mari kita bersatu amerika/zionis adalah bkn sj musuh dr slh satu agama/mazhab tertentu, mereka adalah musuh kemanusiaan yg sesungguhnya. stop utk menghujat sesama Muslim, apalagi mencari-cari cara bagai mana menistakan satu mazhab tertentu(jangan jadi kaum takfiri!!!), ini bkn mencari siapa yg benar/salah…kl itu yg menjadi tujuan produsen kecap juga semua mengaku no 1, musuh Islam tdk tidur dan diam mereka tlh meraksuk dari luar dan dalam maka berhati-hatilah!!!

      maka Kenali Diri maka akan Mudah Mengenal Tuhan(Tidak mengenal Diri maka Tuhannya adalah hawa), dan Kenali Musuh.

      siapa kawan siapa lawan, kl mslh bd furuiyyah itu adalah wajar kr kpd siapa seseorang bertaklid tentunya itulah yg mereka ikuti. catatan jangan kalian anti taklid sesungguhnya kalian bertaklid jg terhadap Salafus Saleh?bdnya…. kami bertaklid kepada Mujtahid yg msh hidup! mk sekali lagi stop utk jd orang takfiri apalagi menghalalkan darah yg gara-gara beda pemaham furuiyah. klpun ada dari golongan kami bkn artian menghujat tp mengungkapkan kenapa tdk mewila si A, si B krn kitab sejarah tlh mencatat baik dari kitab-kitab Sunni/Syiah ada sebagian sahabat yg tlh tercatat melakukan kesalahan, dan itupun hny sbg ma’rifah(keharusan akal) kami, tdk utk jd mengkafirkan yg tdk sefaham dg kami apalagi menghalalkan darahnya. klpun msh ada yg msh terpancing utk mencela apa yg dikultuskan oleh saudara Ahli Sunnah, berarti ketidak patuhannya terhadap pemimpinnya. sesungguhnya kerja musuh Islam sangat dasyiat utk merobek satu kesatuan Islam baik dari dlm maupun dari luar.

      • Assalamu’alayka

        [quote IbrasyaH]
        mk sekali lagi stop utk jd orang takfiri apalagi menghalalkan darah yg gara-gara beda pemaham furuiyah.

        ..
        SETUJU !!!

        dengan catatan …
        coba antum nasehati ulama syiah yang di Iran sono,
        supaya mereka berhenti mengkafirkan orang-orang di luar kalangan mereka.

        perkataan antum ;
        “kitab sejarah tlh mencatat baik dari kitab-kitab Sunni/Syiah ada sebagian sahabat yg tlh tercatat melakukan kesalahan, dan itupun hny sbg ma’rifah(keharusan akal) kami, tdk utk jd mengkafirkan yg tdk sefaham dg kami apalagi menghalalkan darahnya

        sekarang ..

        silahkan di simak baik-baik perkataan :
        al-Mufiid asy-Syi’i
        Yusuf al-Bahraniy asy-Syi’i

        silahkan di cermati apa maksud ucapan yang semisal mereka :
        disini
        disini

        dan masih banyak lagi

        dengan dasar “keharusan akal” seperti komentar antum diatas,
        maka silahkan kaum muslimin menentukan sendiri apa yang harus dilakukan ketika meriam pengkafiran keluar dari Lisan para ulama diatas.

        Wallohul Musta’an

        Saya khawatir,
        jangan-jangan.. antum tertipu dengan dakwah klise asatidz Syiah Indonesia ?
        atau
        jangan-jangan.. asatidz Syiah Indonesia tidak mengenal siapa Ulama~nya ?

        Wallohu ta’alaa a’lam

      • atau begini saja,

        perkataan antum ;
        “mk sekali lagi stop utk jd orang takfiri apalagi menghalalkan darah yg gara-gara beda pemaham furuiyah.”

        ..
        aqidah antum meyakini akan datangnya Imam Mahdi bukan ?

        kalo begitu jawab saja pertanyaan saya sebelumnya ya akhi,

        -siapa nama Imam Mahdi yang di yakini di dalam aqidah antum ?
        -apakah Beliau saat ini sudah keluar atau belum ?
        -(kalo sudah sekarang dimana orangnya ?)

        kalo misal Imam mahdi yang di yakini kalangan antum dengan ahlu Sunnah sama,
        maka ~InsyaAllah~ bisa di usahakan Al Ukhuwwah wal Hubb Fillah antara Sunni dan Syiah,

        dengan catatan yang lain tentunya.

        Syukron wa Barakallahu fiik

  14. masalah Do’a sdh seharusnya berharap Karunia Alloh untuk para pemimpin yg adil dan rasa sayang, Karuniakan pada seluruh rakyat kejujuran dan kebaikan akhlak. berdo’a untuk terhindar dari pemimpin yg dholim bkn keburukan itu keharusan. perlu saya tegaskan kembali kl kami tdk mewila pemimpin yg dholim salahkah kami? itu kami lakukan karena kami kami tidak taklid buta, bukankah belum disebut hakim yg baik kl kita baru terima berita dari satu pihak sudah memutuskan perkara? dari kitab-kitab Sunni banyak mencatat keburukan pemerintahan Islam setelah sepeningal Rosulullah, sampai-sampai melaknat Imam Ali a.s disetiap mimbar jum’at selama 91tahun, yang menentangnya diusir, dipenjarakan sampai dibunuhnya. salahkah kami setelah menerima berita dari dua belah pihak(Sunni&Syiah) memutuskan untuk tidak menjadikan pemimpin siapa yg tidak seharusnya dijadikan pemimpin??? menurut keharusan materi dan akal. kami tekankan AKAL terlebih dahulu nanti kl berhujah dg keharusan Al-Qur’an kalian punya tafsir tersendiri, meskipun kami tahu persis siapa yg boleh menyentuh Al-Qur’an(menafsirkan) adalah Orang-orang yg disucikan oleh Alloh, dan siapa Orang-orang tersebut. itu tidaklah menjadikan kami sebagai orang/kaum takfiri.

    mk stop menistakan kami apalagi mengawas-ngawas disetiap media elektronik/cetak awas virus syiah!!!

    Ada apa dg syiah sampai-sampai ditakuti sedemikian rupa??? jadi ingat riwayat orang-orang jahiliah => abu jahal, abu lahab dan pengikutnya awas jangan dekat-dekat Muhammad(اللّھمّ صلّے علّی محمّد وآل محمّد وعجّل فرجّھم) Dia orang gila dll…..mereka lakukan untuk menutupi Akhlak-akhlak mulia Rosulullah dan Nur-nur ALLAH.

    Jangan takutkan kami apalagi hanya untuk kepentingan dunia semata, kita adalah saudara dalam Islam, dan non Muslim yg tidak memerangi adalah saudara dalam kemanusiaan. maka perlakukan satu sama lain dengan rasa hormat dan sopan(ngutip.red).

    ” Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan, dan kami jadikan kalian menjadi bangsa dan suku-suku, sehingga kalian saling mengetahui satu sama lain ” .

    ” Dan sesungguhnya umatmu ini adalah umat yang satu dan Aku adalah Tuhanmu yang Maha Menghargai : untuk itu takutlah padaKU(bukan yang lain) “.

    Menghormati Keturunan Nabi, menghormati para sahabat, demi kebaikan Nabi, Umat dan Keimanan.

    Memecah belah dan menaklukan adalah mottonya(Setan Besar), jangan terjatuh pada perangkapnya!!!!

    Semoga bermamfaat!!!salam….salam…

    • Assalamu’alayka

      [quote IbrasyaH]
      dari kitab-kitab Sunni banyak mencatat keburukan pemerintahan Islam setelah sepeningal Rosulullah, sampai-sampai melaknat Imam Ali a.s disetiap mimbar jum’at selama 91tahun, yang menentangnya diusir, dipenjarakan sampai dibunuhnya

      ..
      hmm ..seperti biasa, tanpa riwayat ya akhi ..🙂

      kalo antum sudah paham dengan aqidah ahlu Sunnah,
      bagaimana cara ahlu Sunnah di dalam mengambil pendapat, bagaimana cara ahlu Sunnah mengambil hukum.

      seharusnya antum nukilkan minimal matan riwayat di atas, dan siapa saja perowinya,
      kalo bisa sekalian kutipkan jarh wa ta’dl perowi riwayat yang antum maksud diatas ..

      sehingga menjadi Jelas,
      siapa sih yang melaknat ‘Aliy ibn Thalib ~radliyallahu ‘anhu~ sampai 91 tahun,
      dan bagaimana sih derajat riwayat tersebut,
      apakah shahih atau dhaif jiddan atau yang lain ..🙂

      lagi pula .. dahulu,
      saling tahdzir di antara para shahabat ~radliyallahu ‘anhum~ itu biasa, dikarenakan perbedaan ijtihad setelah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa ‘alaa Aliihi wa Sallam wafat.

      Bahkan saling cela di antara Shahabat ~radliyallahu’anhum~ yang sedang bertikai / berperang juga hal yang lumrah ..

      TAPI
      adakah dari generasi setelah mereka (tabi’in, tabi’ut tabi’iin) yang mencela Shahabat ~radliyallahu ‘anhu~ .. ?

      kalo ada silahkan antum nukilkan disini,

      kalo tidak ada,
      maka apa hak orang~orang yang datang belakangan melaknat para shahabat ~radliyallahu’anhu~ ?

      apalagi dengan yaqin mengatakan bahwa keberadaan mereka sekarang adalah di neraka (???)

      seperti riwayat ini contohnya

      [quote]
      والله هلكوا إلا ثلاثة نفر: سلمان الفارسي، وأبوذر، والمقداد

      Demi Allah, mereka (shahabat) telah binasa kecuali 3 : salmaan al-Farisi, wa Abu Dzar, wa al-Miqdad .. dst

      (???)

      padahal Nabi Shallallahu ‘Alihi Wasallam telah mempersaksikan sebagian dari mereka sebagai ahlu Jannah.

      ..
      atau mungkin situs yang memuat riwayat diatas cuma propaganda saja ? semacam situs adu domba, situs provokasi, .. begitu ?

      kalo~pun di tampilkan scan kitab aselinya, niscaya akan ada yang berkata :

      “Kitab-nya sudah dirubah2 oleh Wahhabiy”
      “Wahhabiy memotong-motong perkataan .. ”
      “Wahabiy begini, Wahhabiy begitu, dst..

      Wallohu ta’alaa a’lam

      • Yaa Akhi….sy ikut cmnt disini tdk utk beradu hujah, tp sy minta stop utk menistakan satu mazhab yg berbeda fikih dg anda.

        saya terakhir dilingkungan Torekat&NU, diusia dewasa mengenal Muhammadiyah&PERSIS. saya turut bangga jg dikarenakan sudah mulai mengenal Al-Qur’an dan serba Hadist, dan bangga jg mempunyai guru yg menjadi Dewan Penasehat 2 organisasi tsb selama 15thn, sampai-sampai siar kami berbuah penyerangan oleh 5 kampung, rumah dilempari batu, pekarangan rumah diberakin, putri Ust kami setiap plg sekolah menangis karena setiap lewat kekampung mereka diteriakin cis…kacang bungci nyengcle, dan terror2 yg lainnya. dg 4 pengeras suara dg lantang ust kami membidah-bidahkan talkin, tahlil, qunut dll.

        Satu hal lagi kami bangga punya Guru, Beliau nampak ke ikhlasan dlm setiap langkahnya….Guru kami mengajak pengurus-pengurus 2 organisasi tsb utk bersatu : kita sudah sama-sama serba Al-Qur’an dan Hadits mengapa kita hrs beda organisasi, tapi mereka menolak dikarenakan punya ard&art yg berbeda ktnya. dan ada beda dg Ust-ustd disekelilingnya kebetulan beliau terakhir dr keluarga berada, disetiap musim panen-padi di selalu membeli kitab-kitab yg beliau blm punya, sampai-sampai setiap ada saudaranya yg pergi umroh beliau meminta utk dibelikan kitab, lain halnya dg ust lain disekelilingnya ada lebih uang mereka memperbesar rumah dan madrasya2hnya, tdk ketinggalan dg kendaraan.

        ada satu hal yg bikin penasaran dr Ust kami, kenapa disetiap kitab awas syiah, awas mu’tazilah, pada akhirnya beliau membeli jg kitab-kitab syiah dan mu’tazilah. baca lempar, baca lagi dilempar lagi…dan pd akhirnya beliau mengajak utk qunut, tahlil dll lg, yg pernah dia lakukan lalu membidahkannya dan melaknat yg melakukannya karena akhlu bid’ah bagiannya neraka dll dan untungnya kami tdk sempat jg utk menghalalkan darah yg berbeda faham dg kami, sampai kehilangan mustaminya kurang lebih 400 orang dan yg tersisa tinggal 11 0rang, dan itu bkn tujuannya seperti halnya beliau kehilangan ribuan pengikut yg telah membesarkan Bpk dan beliau selama puluhan tahun dg pasilitas penghormatan, pemberian dan daging Qurban yg tdk habis sampai datang hari qurban thn depannya lg.

        maka sekali lagi kami disini tdk utk berdebat, karena yg kami tahu bukan tempe sj, shahih dhoif suatu hadist sepeninggal Rosulullah bagaimana pemerintahan yg berkuasa saat itu, lalu abad-abad berikutnya gmn ashkolani dan adzhabi, lebih parahnya lagi setelah ke kita diambil mana-mana saja yg sesuai dg ARD&ART setiap organisasi yg ada.

        Kalaulah dianggap cerpen mdh2an cerita diatas dpt memjadi ibrah, dan mudah-mudahan jg para komentator&blog ini di Rahmati Alloh, dan mensucikan-NYA, tdk menduakan -NYA dg hawa sbg Tuhannya.

        Katak dlm tempurung akan bangga dg air yg dimilikinya, kemudian terkaget ada katak bernyanyi riang dipinggir kolam, lebih kagetnya lagi ternyata ada lautan air yg menderu dan berombak…..dll. he…

        Baca seluruh kitab Akhlu Sunnah, dan jadilah Akhlu Sunnah yg sesungguh-sungguhnya.

        setiap muslim bersyahadat : tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah Nabi terakhir, melaksakan shalat,puasa dan berhaji.
        setiap Muslim adalah saudara dalam Islam, setiap non Muslin adalah saudara dalam kemanusiaan. maka perlakukan satu sama lain dengan rasa hormat dan sopan!!!

        ” اللّھمّ صلّے علّی محمّد وآل محمّد وعجّل فرجّھم ”

        wasalam!!!

        • Assalamu’alaykum

          [quote IbrasyaH]
          Yaa Akhi….sy ikut cmnt disini tdk utk beradu hujah, tp sy minta stop utk menistakan satu mazhab yg berbeda fikih dg anda.

          ..
          na’am..
          tapi hendaknya nasehat antum juga di sampaikan kepada asatidz / ulama macam ;
          al-Mufiid asy-Syi’i
          Yusuf al-Bahraniy asy-Syi’i

          dan orang2 yang semacam merekamereka

          supaya mereka menghentikan pengkafiran terhadap orang di luar kelompoknya.

          silahkan antum cermati dan simak link yang saya sebutkan di atas,
          kemudian simpulkan sendiri bagaimana bisa keluar dari lisan seorang asatidz / ulama perkataan keji semisal ;

          [quote]
          اتّفقت الإماميّة على أنّ من أنكر إمامة..
          ..فهو كافر ضالّ مُستحقّ للخلود في النّار

          [quote]
          ونجاسته وجواز أخذ ماله بل قتله الناصب من الحكم بكفر …

          ya !! hukum Nashiibi adalah kafir lagi sesat, najis, boleh diambil hartanya, boleh membunuhnya (rangkuman dari quotation diatas)

          fyi ; الناصب (an-Naashib/Nashiibi) adalah julukan syiah untuk ahlu-Sunnah

          ..
          bagaimanapun ..,
          saya lebih percaya ucapan asatidz dan ulama syiah yang ada di kota qum (kota ilmu agama), Iran,
          daripada ucapan klise dan semu yang di ucapkan asatidz syiah Indonesia.
          ..
          eniwei ..
          semoga impian antum mengenai tidak adanya penistaan antar madzhab fiqh menjadi kenyataan

          seperti kata antum ;
          setiap Muslim adalah saudara dalam Islam, setiap non Muslin adalah saudara dalam kemanusiaan. maka perlakukan satu sama lain dengan rasa hormat dan sopan!!!

          Semoga Allahu ta’alaa membalas usaha antum, dan memberikan keberkahan kepada antum

  15. baru sadar, kalo komentar saya on 13/06/2012 at 03:08 ternyata statusnya :
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.

    perasaan kemarin -sempat- tanpa moderator .. (o_0′)?

    wateverlah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s